Kamis, 29 Januari 2009

LOYALITAS atau TOTALITAS?

mmmm...
dua kata ini hampir2 mirip.... Pilih Loyalitas atau Totalitas?

LOYALITAS adalah ketulusan hati untuk menganut atau mengikuti suatu hal yang sangat dikagumi. Tidak terbatas pada individu atau organisasi. Loyalitas kadang menjadi kunci sukses ke-solid-an suatu team atau suatu organisasi. Loyalitas juga kadang menjadi senjata terampuh untuk menghalang suatu hasutan atau "pengkhianatan" yang akan menganggu suatu tujuan.

sedangkan

TOTALITAS adalah suatu kesungguhan hati dalam menjalankan suatu peran, fungsi atau tanggungjawab terhadap suatu tujuan. Totalitas merupakan kunci keberhasilan suatu tujuan. Dengan Totalitas, apapun tujuan akan tercapai. Totalitas dapat "mengunci" suatu semangat dan ambisi seseorang. Dan mengarahkan tujuan ke arah pencapaian yang maksimal.

Nah, dari pengertian diatas...
Bisakah Totalitas bertahan tanpa Loyalitas?
atau, bisakah Loyalitas mencapai tujuan tanpa Totalitas?

Unik memang...
dari pengertian tsb, sepertinya 2 hal ini bertentangan. Tetapi secara fungsi kedua hal ini sangat erat berkaitan... Dalam sebuah misi atau tujuan. Manusia membutuhkan 2 hal ini, tidak cukup dengan Loyalitas saja, karena hal tersebut hanya menyangkut masalah pendirian atau sikap. Tapi dibutuhkan Totalitas dalam pencapaian tujuan tersebut. Jika hati dan pikiran sudah seirama, maka seluruh organ tubuh akan bekerja sama untuk meningkatkan kinerja dalam mencapai tujuan tersebut. Betul tidak?

Sebaliknya, Jika kita hanya mengedepankan Totalitas tanpa menerapkan Loyalitas, maka yang ada hanyalah pencapaian tujuan tanpa tujuan. Artinya, tujuan dari misi tercapai namun untuk siapa? untuk apa pencapaian tersebut? Maka yang ada hanyalah ibarat sebuah Event Balap Mobil Formula 1 tanpa sebuah gelar.... yang ada hanyalah garis finish, tidak ada hal apapun yg kita raih... tanpa gelar tanpa kehormatan. Ingat kita dihormati karena orang lain, mungkin keluarga, orangtua, ato sahabat. Jika tidak ada yg meng-apresiasi hasil kerja kita, maka akan percuma semua pencapaian tersebut...

Ingat Loyalitas bukan hanya kepada atasan, kantor, instansi, ato organisasi. Loyalitas tercipta untuk di dedikasikan kepada orang2 yang kita kagumi, kita kasihi, dan kita hormati. Kita bekerja untuk siapa? tentunya untuk orang2 yang anda LOYALITAS-kan dengan TOTALITAS!

Rgds,
K'Seto
"Dedicated for my lovely family"

Tidak ada komentar: